Categories
Pendidikan

PENGERTIAN EKOLOGI DAN PRINSIP EKOLOGI

PENGERTIAN EKOLOGI DAN PRINSIP EKOLOGI

PENGERTIAN EKOLOGI DAN PRINSIP EKOLOGI

Pengertian Ekologi

Ekologi berasal dari bahasa Yunani, dua kata: oikos, yang berarti rumah atau tempat tinggal, dan logo, yang berarti informasi. Ekologi didefinisikan sebagai studi tentang interaksi antara makhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai satu unit atau sistem dengan lingkungannya. Definisi ekologi seperti yang disebutkan di atas pertama kali dikutip oleh Ernest Haeckel (ahli zoologi Jerman, 1834-1914).

Ini adalah cabang biologi yang menggunakan informasi dari berbagai ilmu lain, seperti ekologi, kimia, fisika, geologi, dan klimatologi untuk diskusi. Penerapan ekologi dalam pertanian dan ladang melibatkan penggunaan kontrol biologis untuk mengendalikan populasi hama untuk meningkatkan produktivitas.

Ekologi pada dasarnya menjelaskan hubungan antara organisme (tumbuhan dan hewan) dan lingkungannya. Sifat setiap makhluk hidup dipahami dalam hubungannya. Tidak hanya dengan alam, tetapi juga dengan makhluk lain dalam pola kecanduan yang disebut ekosistem, termasuk tanah, air, dan iklim. Contoh ekosistem Sumatera termasuk hutan hujan dataran rendah, hutan bakau, sungai, lahan basah gambut, dll. Dapat disampaikan

Para ahli ekologi tertarik untuk menyelidiki interaksi organisme dengan lingkungannya. Pengamatan ini bertujuan untuk menemukan prinsip-prinsip dalam hubungan timbal balik.

Dalam studi ekologi, seluruh metode digunakan untuk mengatasi komponen terkait dalam suatu sistem. Ruang lingkup ekologi bervariasi berdasarkan populasi, komunitas, dan tingkat ekosistem.


Prinsip Ekologi

Diskusi ekologis tidak dapat dipisahkan dari diskusi ekosistem dengan berbagai komponen, seperti faktor abiotik dan biotik. Faktor biotik meliputi suhu, air, kelembaban, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ekologi juga terkait erat dengan tingkat organisasi, seperti populasi, komunitas, dan ekosistem, sistem yang memengaruhi makhluk hidup, saling memengaruhi, dan menunjukkan kesatuan.


Faktor Biotik

Faktor biotik adalah faktor kehidupan yang melibatkan semua makhluk hidup di bumi, baik tanaman maupun hewan. Dalam ekosistem, tanaman bertindak sebagai produsen, konsumen hewan, dan mikroorganisme sebagai pengurai.

Faktor biotik juga termasuk individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan tingkat organisme yang mencakup biosfer. Tingkat organisme hidup dalam ekosistem akan saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain untuk menciptakan sistem persatuan.

 

 

 

Sumber : https://materi.co.id/